Waspada! Pastikan Rumahmu Aman Sebelum Musim Hujan Tiba

274 Tinjau  | 

Waspada! Pastikan Rumahmu Aman Sebelum Musim Hujan Tiba

Menurut prediksi BMKG Perkiraan Musim Hujan 2023/2024 pada 699 ZOM di Indonesia menunjukkan bahwa sebagian besar wilayah diprakirakan mengalami Awal Musim Hujan 2023/2024 pada bulan Oktober hingga Desember 2023 yaitu sebanyak 477 ZOM (68,24%).

Wah tinggal dikit lagi ya sobat. Namun, apakah rumahmu sudah siap menghadapi musim hujan nantinya? Apakah kamu sudah yakin bagian rumahmu sudah aman dari kebocoran dan rembes serta saluran air yang mengalir dengan lancar? Coba perhatikan kondisi rumahmu saat ini sebelum musim hujan tiba. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Simak artikel yang sudah Mitracon rangkum dari berbagai sumber, yang bisa dapat kalian jadikan acuan dan arahan saat ini. Pastikan rumah aman dan siap dalam menghadapi musim hujan, periksa bagian-bagian rumah berikut ini.

1. Perhatikan Bagian Atap

Bagian rumah yang pertama kali harus diperhatikan saat musim hujan adalah atap. Pastikan memeriksa atap rumah secara menyeluruh dari retakan atau kebocoran. Bila terdapat masalah atap yang tidak bisa kamu atasi sendirian, segera hubungi tukang professional

2. Perhatikan Bagian Dinding

Perhatikan bagian dinding, jika terjadi keretakan pada dinding luar rumah tidak boleh diabaikan. Kamu harus rutin melakukan pemeriksaan pada setiap plester eksterior dan dinding untuk memastikan tidak ada retakan. Jika kamu mengabaikan keretakan yang terjadi, maka air hujan akan merembes ke dalam celah-celah retakan, hal itu dapat menyebabkan kelembapan dan sering kali terjadi, dan aakan menimbulkan lebih banyak masalah dirumah nantinya.

3. Perhatikan Jaringan Listrik Dirumah

Perhatikan jaringan lirstrik. Jika kamu melihat ada kabel yang rusak, sebaiknya hubungi teknisi listrik untuk memperbaikinya sesegera mungkin demi mencegah risiko tersengat listrik terlebih saaat hujan lebat. Belilah beberapa pelindung lonjakan arus untuk melindungi peralatan elektronik dan gawai yang mungkin terpengaruh untuk mentanpisipasi jika petir menyambar secara tidak terduga.

4. Perhatikan Talang Air

Perhatikan talang air dirumahmu. Lakukanlah perawatan seperti bersihkan dan buang sisa air hujan talang air untuk memastikan kelancaran aliran air hujan. Lakukan kegiatan ini secara rutin untuk hasil yang maksimal selama seminggu sekali.

5. Perhatikan Selokan

Selokan sangat penting untuk kamu perhatikan loh sobat terlebih saat musim hujan. Untuk memastikan tidak ada penumpukan sampah di seluruh area selokan, kamu harus rajin untuk membersihkannya. Jika ada penumpukan sampah dan sebagainya terdapat diselokan saat hujan turun, itu akan membuat selokan menjadi penuh dan dapat terjadi banjir.

 

Itu tadi beberapa bagian rumah yang harus kamu perhatikan sebelum musim hujan datang. Lebih baik mengecek kembali kondisi rumahmu mulai sekarang, daripada terlambat dan akan memngeluarkan biaya yang lebih besar untuk perbaikannya.

Apakah atap rumahmu ada yang bocor? Segera diperbaiki! Jangan diabaikan karena akan berpengaruh besar nantinya. Jika kamu tida bisa memperbaikinya sendiri, carilah tukang professional seperti tukang dari Mitracon Kontraktor yang terpercaya dan pastinya full garansi ya sobat.

Baca juga: Tips Renovasi Dapur Tanpa Modal Banyak!!!

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis