Ternyata Ini Penyebab Pondasi AMBLAS!

285 Tinjau  | 

Ternyata Ini Penyebab Pondasi AMBLAS!

Tahukah kamu bahwa rumah yang baru saja dibangun bisa amblas? Hmmm kok bisa, apa penyebabnya ya?

Pondasi adalah suatu bagian dari bangunan yang berhubungan langsung dengan tanah dan berfungsi untuk menopang sebuah bangunan diatasnya. Berdiri dengan kokoh atau tidaknya sebuah bangunan, itu semua tergantung dari kokohnya sebuah Pondasi. Jika Pondasi tersebut mengalami kegagalan atau kerusakan maka bangunan yang berdiri diatasnya tidak akan kokoh dan bertahan lama. Penyebab dari kegagalan pondasi ada beberapa diantaranya, yaitu;

1. Keretakan

Bangunan yang berada di lokasi pinggiran jurang atau tebing dan dalam kondisi tanah dan permukaan yang kurang baik, sehingga bangunan jadi tidak stabil. Tanda yang sering muncul biasanya retak dinding atau lantai, kamu harus waspada dan lakukan pengecekan rumah secara berkala untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Kebanyakan orang tidak menyadari dan bahkan banyak yang menganggapnya sepele hanya karena retak kecil atau retak halus, padahal itu tanda peringatan untuk kita lebih waspada.

2. Bocor atau Rembes

Bocor atap? bukan sobat, yang bocor disini adalah pondasi. Emang pondasi bisa bocor atau rembes? Tentu bisa dong, penyebabnya karena kondisi tanah yang sangat lembab bisa membuat rembesan air pada pondasi atau lantai dan jika dibiarkan lam-kelamaan pondasi akan rusak dan bisa merusak bangunan juga. Kalau pondasi sudah rusak suatu bangunan sudah tidak aman lagi sobat.

3. Lokasi

Lokasi disini juga sangat berpengaruh. Jika lokasi terletak di kawasan tebing, pegunungan bahkan, atau pantai, kamu harus sangat berhati-hati dan waspada, karena kawasan tersebut adalah kawasan yang memiliki pondasi tanah yang menurun.

4. Bulging

Bulging adalah permukaan tanah yang tidak rata atau mengembang. Jika pondasi dibangun pada tanah yang memiliki bulging, maka kemungkinan yang bisa terjadi adalah amblas. Kenapa bisa? Karena adanya tekanan yang disebabkan oleh air, hewan ataupun karena perubahan temperatur yang sebelumnya tidak diperhitungkan.

Nah jika sudah mengetahui penyebab dari kegagalan atau rusaknya sebuah pondasi kamu akan lebih berhati-hati lagi dalam memilih jenis tanah, lokasi maupun material. Rencanakan dengan matang agar tidak terjadi kesalahan dalam membangun bangunan impianmu. Terlebih jika salah dalam memilih tukang dan tidak merencanakan detail pembangunan dengan se deail dan sematang mungkin. Kamu bisa pilih Menggunakan Jasa Kontraktor Terbaik dan Terpercaya, konsultasikan langsung dengan Jasa Kontraktor yang telah kamu percayai dan rencanakan dengan matang untuk mewujudkan bangunan impianmu.

Baca juga : Trik membuat taman belakang rumah rasa cafe

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis