Mengenal Zero Energy Building (ZEB)

354 Tinjau  | 

Mengenal Zero Energy Building (ZEB)

Pasti banyak dari kalian yang belum mengenal Zero Energy Building (ZEB) atau Bangunan Zero Energi. Kita akan membahas secara singkatnya di artikel ini, silahkan disimak dan dipahami dengan baik ya sobat.

A.      Pengertian

Bangunan yang digunakan sebagai hunian atau komersial yang mampu mereduksi kebutuhan energi secara efisien, yaitu mencapai keseimbangan kebutuhan energi yang dihasilkan oleh energi terbarukan. Prinsip kerja dari Bangunan Zero Energy :

- Meminimalkan beban bangunan
- Memaksimalkan efisiensi energi
- Memanfaatkan produksi energi yang dapat diperbaharui pada site
- Meminimalkan konsumsi energi bangunan


Tujuannya adalah agar bangunan mampu memenuhi kebutuhan energinya sendiri bahkan lebih jika dimungkinkan.

B.      Cara Untuk Menciptakan ZEB

Untuk menciptakan ZEB (Zero Energy Building) tentu membutuhkan strategi, diantaranya adalah strategi desain pasif dan strategi desain aktif.

1.       Strategi Desain Pasif
Agar terciptanya bangunan zero energy maka dibutuhkan Strategi desain pasif ini dengan memanfaatkan energi matahari secara pasif. tanpa mengonversikan energi matahari menjadi listrik. Strategi desain pasif ini meliputi:
- Pencahayaan Siang Hari
Dengan memanfaatkan cahaya matahari pada siang hari untuk mengurangi pencahayaan buatan. Beberapa fitur pencahayaan pasif adalah: Pemantul cahaya, saluran cermin, dan pipa cahaya
- Meminimalkan Panas Transmitans
Caranya adalah dengan mengurangi jumlah panas yang memasuki bangunan pada musim panas dan membantu mengurangi beban pada sistem pendingin udara. Kamu bisa menerapkan shading oleh pv dan fasade berventilasi, Efisiensi energi pada fasade, atap hijau, dan penghalang cahaya.
- Ventilasi Alami
Dengan adanya ventilasi alami dapat membantu ZEB (Zero Energy Building) dalam mengurangi beban AC. Apakah dapat membantu? tentu dapat membantu, yaitu dengan cara pada atap bangunan, panel-panel matahari dipasang berdampingan dengan beberapa menara cahaya matahari (solar chimneys) yang berfungsi memasukkan udara dari luar kedalam melalui shaft vertikal. Jadi ketika beroperasi pemanas dan pendingin ruangan akan mati, sehingga dapat menghemat energi namun tetap menyediakan sirkulasi udara yang baik.

2.       Strategi Desain Aktif
Agar terciptanya bangunan zero energy maka dibutuhkan Strategi desain aktif ini dengan memanfaatkan energi matahari yang dikonversi menjadi energi listrik sel solar untuk memenuhi kebutuhan bangunan. Strategi desain aktif ini mencakup:
- Sistem HVAC
HVAC (Heating, Ventilation, dan Air Conditioning) merupakan pengontrol iklim dalam bangunan
- Sensor
Sensor berfungsi untuk mendeteksi gejala-gejala atau sinyal-sinyal yang berasal dari perubahan suatu energi seperti energi listrik, energi fisika, energi kimia, energi biologi, energi mekanik, dan untuk  mengendalikan jumlah pencahayaan buatan yang digunakan. Lampu diaktifkan hanya ketika seseorang memasuki ruangan. Intensitas cahaya, angka suhu, ventilasi, pemantau kadar CO2, aturan tidak merokok diatur dan disesuaikan dengan keadaan.
- Green Roof dan Green Wall
Berfungsi untuk melindungi dari sinar matahari, dapat membuat sejuk dan dapat mengurangi kebutuhan energy.
-          Pencahayaan Efisien
Dengan penggunaan lampu neon dapat memotong daya sekitar 26%

C.      Kendala
Dalam menciptakan ZEB (Zero Energy Building) tentu memiliki kendala dan tantangan loh sobat, antara lain :
- Perubahan iklim mempengaruhi kebutuhan pendingin ruangan pada bangunan
- Anggaran yang besar
- Ketersediaan material/teknologi dan tentunya pertimbangan estetika yang cukup rumit untuk diaplikasikan secara bersamaan dengan tujuan efisiensi pada bangunan.

D.      Manfaat
Tentu dengan penerapan bangunan zero building ini mempunyai beragam manfaat ya sobat, diantaranya adalah:
- Sebagai respon terhadap perubahan iklim
- Terpeliharanya cadangan sumber daya energi global
- Tagihan utilitas yang lebih rendah
- Nilai propertiyang lebih tinggi
- Kondisi teknis struktur
- Peralatan yang lebih baik
- Lingkungan dalam ruangan serta kinerja penghuni yang lebih baik
- Emisi gas rumah kaca yang berkurang

Itulah tadi pembahasan mengenai Zero Energy Building (ZEB). APkah kamu setuju dengan adanya pembangunan tersebut sobat?

Oh iya jika sobat sedang membutuhkan Jasa Kontraktor untuk Bangun, Renovasi Hingga Pengecatan Interior/Eksterior, serta Perbaikan atap/Pemasangan atap dan plafond bisa langsung hubungi Mitracon untuk sekedar Tanya-tanya dahulu boleh banget loh sobat, bisa KONSULTASI SECARA GRATIS JUGA ( Klik disini ).

Baca juga : Punya Rumah Di Desa Lebih Menguntungkan!Lihat Keuntungannya!

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis