Tips Ini Dijamin Bikin Cat Tembok Kamu Tahan Lama!

149 Tinjau  | 

Tips Ini Dijamin Bikin Cat Tembok Kamu Tahan Lama!

    Fungsi tembok adalah untuk melindungi rumah dari berbagai macam hal seperti cuaca yang panas, dingin, hujan, dan lainnya. Pemilik rumah pasti ingin tembok atau dindingnya tampil cantik dengan cara mereka memberikan warna pada tembok. Namun, kebanyakan dari mereka tidak mengetahui banyak tentang warna atau jenis cat khusus untuk tembok da nasal membeli yang penting itu adalah warna kesukaan mereka. Tapi kamu tau tidak? Ternyata ada warna sangat berpengaruh pada tembok loh, dan bahkan jika kamu asal memilih cat tembokmu itu tidak akan bertahan lama alias cepet luntur.

    Cat tembok yang tahan lama membuatmu tidak perlu mengeluarkan modal berkali-kali untuk mengganti cat. Tentunya kamu ingin cat tembokmu itu tahan lama dan tidak akan membuatmu mengeluarkan uang berkali-kali untuk mengganti catnya bukan?. Nah, artikel ini akan menjelaskan tips untuk membuat cat tembok rumahmu itu tahan lama sampai beberapa tahun ke depan loh. Yuk simak tips nya.

1. Adukan Dinding 

   Ketika memplester dinding, gunakan adukan standar (1 semen : 3 pasir) itu akan membuat dinding tidak mudah pecah/retak, dan itulah yang akan mempengaruhi keawetan dari cat dindingnya. Lakukan finishing dengan aci agar dinding lebih awet, tidak mudah mengelupas dan tidak mudah berjamur.

2. Bersihkan Area Dinding

    Pastikan area dinding yang akan dicat dalam keadaan bersih, kering dan tidak ada kotoran yang menempel. Kotoran pada dinding membuat cat tidak dapat menempel dengan sempurna dan akhirnya menjadi mudah mengelupas. Namun, jika dinding dipenuhi dengan lumut, kamu bisa menggunakan air kaporit untuk menghilangkannya.

3. Pilihlah Jenis Cat Yang Sesuai Bahan Dinding

    Dinding tembok biasa dan dinding kayu atau dinding dari batu alam tentunya menggunakan cat yang berbeda. Cat tembok biasa memiliki tekstur yang lebih tebal untuk menutupi lapisan semen yang ada di bawahnya. Maka dari itu gunakan jenis cat yang sesuai dengan bahan dinding rumahmu.

4. Pilih Cat Khusus Eksterior Untuk Dinding Bagian Luar
          
   Karena cat untuk dinding bagian dalam dan bagian luar sangat berbeda, kamu harus menggunakan cat eksterior untuk dinding bagian luar rumahmu. Karena dapat melindungi dinding dari perubahan cuaca maupun iklim. Kandungan dari cat eksterior ini dapat mencegah timbulnya jamur dan flek akibat rembesan air hujan, sehingga disebut weather proof atau weather resistance. Gunakan cat yang tepat agar cat tembok tahan lama selama beberapa tahun.

5. Gunakan Warna Cat Yang Cerah

    Ternyata warna cat dengan tone cerah memiliki pigmen yang lebih sedikit dibandingkan cat dengan warna gelap, sehingga resiko cat memudar menjadi lebih rendah. Maka dari itu, sebaiknya kamu memilih cat dengan warna yang cerah agar warna dinding rumahmu tidak gampang luntur.

6. Pilih Waktu Yang Tepat


   Mengecat adalah proses yang tidak singkat, kamu membutuhkan waktu yang cukup untuk proses pengecatan. Sebaiknya mengecat di saat cuaca cerah agar proses pengeringannya cepat. Dinding yang dicat pada musim hujan akan membuat lapisannya mudah rusak karena tergerus air. Maka dari itu, kamu perlu mempersiapkan waktunya terlebih dahulu.

7. Gunakan Teknik Pengecatan

    Mengecat juga membutuhkan teknik yang tepat, karena jika tekniknya salah dapat membuat permukaan tembok menjadi tidak halus. Maka sebaiknya kamu perlu melapisi bagian sudut dinding dan bagian dekat atap terlebih dahulu, lalu dilanjutkan dengan mengerjakan bagian lain yang lebih mudah dan ini yang paling penting! kamu harus melakukan pengecatan dengan olesan kuas satu arah.

    Itulah tips cat tembok tahan lama agar kamu tidak selalu mengecat ulang dan membuat pengeluaran menjadi bertambah yang bikin kamu capek dan kesel nantinya. Jika kamu tidak punya waktu atau tidak mempunyai teknik mengecat, maka kamu bisa langsung menghubungi Jasa Pengecatan professional, karena mengecat tidak sembarangan dan tidak sesederhana keliatannya ya guys.






Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis